Kembali pada pengertian singkat yang telah anda jumpai pada poin sebelumnya:
"Blog adalah bagian dari Website".
Kita tahu bahwa ada banyak sekali website di internet dengan fungsi dan layanan yang berbeda. Google sebagai mesin pencari, Facebook sebagai situs jejaring sosial, Amazon sebagai website Online Shop dan masih banyak lagi lainnya. Diantara sekian banyak website ini, ada website-website tertentu yang menyediakan
Layanan Pembuatan Blog. Website yang menyediakan layanan pembuatan Blog inilah yang disebut sebagai website
Platform Blogging.
Skema Website Platform Blogging
Singkatnya, berdasarkan skema diatas, website platform blogging adalah website yang memiliki banyak sekali blog didalamnya (sesuai dengan banyaknya pengguna layanan mereka). Melalui blog yang dibuat inilah setiap pemilik blog menerbitkan halaman / konten mereka, baik itu berupa artikel, produk, atau apapun itu.
Berdasarkan skema diatas pula dapat disimpulkan bahwa setiap blog yang dibuat pada website platform blogging ini akan terikat dengan website utama (website platform blogging itu sendiri). Atau dengan kata lain, status pemilik blog disini adalah (anggaplah) sebagai "Penumpang". Karena status ini, umumnya setiap platform blogging memiliki kebijakan-kebijakan yang harus dipatuhi oleh setiap pemilik blog, kebijakan-kebijakan ini pada dasarnya dibuat untuk menghindari kegiatan-kegiatan spam. Selain itu, karena status pemilik blog disini (lagi-lagi anggaplah) sebagai "Penumpang", ada beberapa batasan terkait blog yang dikelolah. Batasan-batasan ini umumnya berupa fitur dan kustomisasi.
Agar lebih mudah dipahami, disini saya ibaratkan "Lingkungan Suatu Kota" adalah "
Internet" dan orang yang sedang berada dikota tersebut adalah orang yang sedang online (mengakses internet). Website bisa dianalogikan (diibaratkan) sebagai bangunan-bagunan / tempat usaha yang terdapat didalam kota tersebut.
Analogi Website Platform Blogging
Seperti yang terlihat pada bagian kiri gambar diatas (kota), anda tentu bisa membayangkan, dalam sebuah kota pastinya akan terdapat banyak bangunan dengan fungsi tertentu. Sebut saja bagunan-bagunan ini misalnya mall, kampus, bank, dan lain sebagainya. Bermacam-macam apa yang ditawarkan melalui bangunan-bangunan / tempat usaha ini bisa kita anggap sebagai bentuk keanekaragaman Website (bagian kanan). Bentuk keanekaragaman website ini bisa berupa jasa, penjualan produk, layanan dan lain sebagainya.
Kembali pada apa yang dimaksud dengan platform blogging yaitu suatu Website atau situs yang menyediakan layanan pembuatan blog.
Jadi, dalam analogi ini, jika internet dianalogikan sebagai kota, dan website adalah bangunan-bangunan yang ada didalam lingkungan kota, blog bisa dikatakan sebagai bagian-bagian yang terdapat dalam sebuah bangunan. Dalam analogi ini,
Website platform blogging (dalam kasus ini adalah blogger.com) bisa kita ibaratkan sebagai
Mall.
Analogi Website Platform Blogging
Kita tahu bahwa didalam sebuah Mall umumnya terdapat beranekaragam ruko dengan berbagai jenis penawaran / produk. Berbagai produk-produk yang ditawarkan ini bisa berupa pakaian, perlengkapan elektronik, makanan dan lain sebagainya. Ruko-ruko didalam mall ini umumnya dimiliki oleh orang yang berbeda (mereka nyewa ke mall). Di internet, ruko-ruko inilah bisa kita anggap sebagai
Blog. Perbedaannya, jika untuk mendapatkan tempat didalam mall kita membutuhkan dana sebagai biaya sewa tempat, diinternet, untuk dapat memiliki blog, kita bisa mendapatkannya secara gratis. Blog inilah yang nantinya bisa kita gunakan untuk menawarkan / memperkenalkan / menerbitkan produk kita ^_^.
Analogi Website Platform Blogging
Jadi Setiap Website pasti terdiri dari beberapa blog ya ?
Tidak juga..! Analogi diatas hanya berlaku untuk jenis website tertentu (dalam hal ini adalah website platform blogging).
Oh iya, kalau blog adalah bagian dari sebuah website, berarti dimata internet, blog itu lebih kecil ya dibandingkan website ?
Good Question ^_^, kurang lebih mungkin begitu. Tapi...,
"Untuk membuat sesuatu yang Besar di internet, kita tidak membutuhkan sudut pandang internet, yang kita butuhkan adalah seberapa besar (baik) kita jika dilihat dari sudut pandang Mesin pencari dan Pembaca".